Fruity Strawberry Heart

Friday, May 6, 2011

Teater Topeng .. =^.^=

Long time no write this blog.. tadi sore gw ngubek2 gudang rumah .. found somethin ! :D my old diary .. hehheh pas gw buka terus baca2 isinya, ga nyangka dulu gw se ababil itu masalah cowok .. *ups* kinda miss that moment. Sambil ngebaca tuh diary, muncul banyak nama di otak gw ttg temen2 SMP and SMA gw.. hahaha hey YOU !!! gimana kabarnya di Aussie?? ^^ jadi ingat sebuah perpisahan yg sampe skrg blm bs gw terima ..  kekkee forget it ...

Oke move on !
 
Ahh ye .. lembar demi lembar gw buka .. terus sampailah ke suatu cerita tentang pengalaman istimewa gw di SMA. Waktu MOS gw udah kepikiran tentang ekskul yang mau gw ikutin. Dulu nyokap gw ikut bagian dalam ekskul drama pas masih SMA, gw pun sebenarnya tertarik sama hal2 berbau seni dari kecil, dari musik, instrumen, drama dll .. so pas gw cari2 info, ternyata di SMA gw ada ekskul Teater, tanpa babibu gw langsung daftar disana. Bokap sebenarnya udah wanti2 kalau gw harus komitmen sama keputusan gw, berhubung gw belum tahu banyak ttg drama atau teater, yasudah .. just do it la ..
 

Ternyata eh ternyataaaaaaaaaaaa .. *lebai* teater itu beda jauhhh banget sama drama ! XD jujur aja gw shock berat, ternyata berteater itu sangatlah beraat.. hahaha perannya beda banget sama akting2 abal2 artis sekarang *yaialah* .. selama beberapa minggu awal gw di “gembleng” sama senior gw, di mentor ttg apa sih itu teater, jujur aja gw gag bisa mendeskripsikan dgn kata2 apa sih itu berteater.. selama mentoring gw cm bs melakukan apa yg disuruh. Mulai dari latihan dasar kayak latihan kekuatan vocal (dimana gw harus berteriak melafalkan huruf vokal sampai seluruh gedung sekolah bisa denger), latihan fisik (pas awal2 gw disuruh lari dari lantai 1 ke lantai3 bagian utara gedung sampei lantai 3 ke lantai 1 bagian selatan gedung selama 10 putaran -,-“), latihan kepercayaan (sumpah kocak nih latihan, gw disuruh nutup mata sama pasangan gw, terus menjelajah gedung dengan berbekal perintah pasangan), latihan dasar keruangan (dimana gw haus menguasai panggung/stage dalam ukuran seluas apapun dan harus terisi dengan adil). Dari sana, gw mulai latihan yang lebih berat lagi, kayak penalaran benda2, fokus satu persona (topeng yg harus kita perankan), mulai merambah ke dunia akting teater (gw inget banget tugas pertama gw harus menganggap pohon jambu sbg pacar gw -.-“), ketahanan peran (gw disuruh menatap senior gw eye on eye selama 20 menit) *dies* .. kayaknya di pikir2 selama gw berada di grup teater ini, karakter keras gw mulai terbentuk, di tambah pengalaman masa lalu gw .. hahhaha gw bener2 jadi orang yang tertahan sama karakter diri banget.. dan hasilnya gag gampang orang bisa nebak karakter asli gw, karena gw dengan gampangnya bakal “berakting” di depang orang, is that right (?) hahah dont think so ..
 
My first STAGE !!! ...
 
Gw lupa peran dan perform pertama gw kapan, tanggal berapa dan saat gw bertahan berapa bulan di grup itu. Yang jelas peran pertama gw adalah sebagai anak cacat yang tidak mau “bermimpi” dan itu adalah benar2 peran yang sangatttt sulit bagi pemula kayak gw.. kenapa ? karena itu peran utama, dimana ceritanya gw hidup dengan sodara2 gw berlima yang semuanya cacata dan dengan seorang ibu gw yg sudah tua tanpa ayah. Peran gw beda dari temen gw berlima yg lain, karena sodara gw yang lain mau bermimpi, sedangkan gw bertolak mentah2 dan terhalang sama real gw yang adalah seorang anak cacat. Cacat yg gw alami itu pincang, and U know WHAT, selama 3 minggu gw harus berjalan pincang selama di sekolah, asliiii .. gw bener2 ngebalut kaki gw, dan parahnya... -.- senior gw nyuruh gw ngikutin guru gw (yg kebetukan lagi pincang.red) jalan dibelakang beliau. Gw kena omel deh alhasil.. huffttt .. dan gw terus2an latihan fisik, sampai pada akhirnyaaaa.... gw bener2 pincang pas hari H =____=; dan penyakit gw kambuh dengan dadakannya.. ckckck
 
Tapi gw dpt pengalaman berharga di perform stage pertama gw ^^ senior gw banyak memberi gw masukan dan kekuatan, dan gw berhasil memerankan 2x perform saat penyakit gw kambuh itu. Jujur aja satu hal yg paling mendukung gw saat itu adalah background musik gw yg mendukung bgt peran gw, hehhehe senior gw bener2 keren performin lagu “tak lelo ledung” acapella wkt itu .. what a nice choice~~~~
 
Emosi Meledak !
 
Yahh udah hampir 7 bulan mungkin gw ikut teater, dan waktu itu kita diberi kesempatan buat rehat dari latihan selama seminggu. Disana kita ngumpul terus share2 bareng, curhat2an ttg selama ini yg udah terlewatkan. Disana kita diharuskan buat share2 ttg hal-hal yg bikin kita down dll.. yah mau gimana lagi, gw gag akan menuliskan ttg pengalaman yg gw ceritakan di blog ini, but enough to say, gw meledak disana .. not just me though, sobs2 T_T gw berterima kasih sebenarnya sama senior2 gw atas kesempatan itu, endingnya kita2 di lelepin ke bak air, trus teriak spuasnya karena gada yg bisa dengar disana .. hehehhe melegakan 
 
Goes To Bulungan :D
 
Yaahh ! ini perform yang bener2 memakan waktu selama latihan, kita ikut kompetisi teater se SMA, waktu itu kita bener2 saingan sama SMA 74 Altileri.. tetapi kita, teater topeng, ga patah semangat dong.. hehhee dengan bekal ijin seadanya dari sekolah, kita berusaha sebaik mungkin buat perform di Blok M .. (nama teater kita sebenarnya agak jelek di sekolah sendiri, karena ada skandal waktu angkatan terdahulu). Jujur aja gw lupa duu kita menang atau engga, yang gw ingat adalah perfomr selesai jam 11 malam, dan gw baru sampai rumah jam 1 malam =_= u know laa.. i got scolded with ma father.. endingnya gw gbs masuk rumah, gw tidur di mobil ... hahaha dont u believe that XD~~ enough with this story..

AT BOGORR ! most valuable moment ..
 
Tahukan, setiap ekskul pasti ada masa2 MOS nya juga.. nah di teatre topeng ini, MOS nya do bogor, tepatnya kebun raya bogor. Gw ngumpul di sekolah jam 6 pagi dengan bekal buanyaaakk banget.. *biasaaa kerjaan senior*. Kita naik kereta jurusan bogor dari depok. Mulailah peran di mulai ... jreeengg~~
Sebelum naik kereta, gw di kasih sepotong puisi, dannn.. gw di wajibkan perform di kereta itu =.= di tengah2 penumpang yg bejibun, mulailah akting gw.. hehhehe cukup memalukan sebenarnya, karena org2 ngeliat kita dgn cukup aneh, tanpa ekspresi, gw menyudahkan puisi gw. Sesampai di stasiun bogor, kita disuruh lari sama senior sampai ke kebun raya, ada saat pas kota benar2 capek, senior teriak terus nunjuk2 ke kita bilang “MALINGGG” !!! JEDEEERR... sumpah demi apa kita langsung kaburrr, untung gag ada polisi .. =.=”
Sampai di tempat, kita makan bekal kita. No water. Dan kalian tahu? Senior ngeluarin baskom gede, dan semua bekal kita di campur jadi satu, di aduk2 =.= entahlaaah itu rasanya seperti apa, dan kita disuruh melakukan sesuatau (gw gbs ceritakan seperti apa disini.red) dan kembali makanan itu di aduk2 .. pas temen gw ngerengek minta air, theen .. mereka nyamourin air itu di makanan kita, NICEE ! XD~ gw berusaha melupaka seperti apa itu rasanya makanan.
 
Next, kita main post2an disana.. ada 7 post yang harus kita datengin, tiap post, kita disuruh berbuat macam2, terus adu pengetahuan ttg tehnik2 teater dan mempraktekannya. Huft~~~ gbs ceritain satu per satu.. ending dari semua itu.. kita disuruh berpegangan tangan n menutup mata, terus diseret ke entaha itu dimana tempatnya, yg jelas gw merasakan gw harus nurun2 tebing (?) dan pas gw membuka mata, tetooottttt... XDDD~~ kita lagi ada di bawah sungai di kebun raya bogor itu. Entah itu air apa, yang jelas pasti ada beberapa sampah di dalamnnya =.= dan kita disuruh berbaring di airnya, pegangan tangan, dan merangkak sampai ke next area.. dan di saat itu kaki gw mulai beku n membiru =_____=” pas banget kita disuruh berhenti, senior mulai komentar2 gag jelas (gw gbs denger krn sibuk ngurus sakit di kaki gw yg bnr2 kek mayat idup.red)
Udah berbasah2an itu.. akhirnya kita di kumpulin lagi di atas (post awal.red) terus bla bla blaaa.. gw lulus masuk member teater topeng ! hehhehe ... 
 
Go HOME !
 
Huffttt time to go home .. but wait.. sebelumnya kita kudu ganti baju and mandi .. dan gw bener2 gag bawa baju ganti saat itu... >.< and u knoowww... senior gw yg notabene nya berjenis kelamin PRIA XD~ meminjamkan bajunya ke gw .. whhwhwhhwhwh ... astagaaaa *tutup muka*
Asli tengsin abis.. tp gw bnr2 dh kedinginan, ywda gw trima tawaran dia .. -.-v and so like that .. kita pulang naik kereta...
 
At that time .. 09.00pm at home .. very thanks to them for givin me some nice experiences.. about 3 Years.. gw berkecimpung dalam dunia teater, sempat merasakan go stage.. perform bareng, ketemu temen2 teater dari grup lain, yang paling berkesan ketika ketemu senior2 gw yang sangat gw KAGUMI di teater KOMA !! ahh senanganyaaa.... dan ternyata semua yg gw rasain dan gw dapat belum ada apa2nya, ketika gw dengar bahwa salah satu senior gw di teater koma meninggal dunia sedetik sesudah beliau memerankan peran sebagai “TUHAN” disana .. hmmm .. at least gw bersyukur jadi diri gw yg sekarang karena gw bs ngerasain betapa sulitnya jadi diri orang lain, berpura2, dan merasakan hal2 yang gag bakal kebayang kalau kita ga menjadi diri sendiri 

Guys.. i miss you so much ..

No comments:

Post a Comment